Jenis Ikan Guppy

Melanjutkan artikel saya terdahulu yang membahas memelihara guppy, dalam artikel ini saya akan sedikit mengulas mengenai jenis-jenis ikan guppy.

Seperti yang kita ketahui setiap ikan mempunyai beberapa jenis yang berbeda baik itu corak warna, bentuk tubuh dan model sirip atau ekornya. Demikian juga dengan guppy, guppy yang kita kenal ternyata juga mempunyai beberapa jenis yang berbeda pula. Adapun penggolonganya sebagai berikut :

 

  1. Warna

Kalau berbicara masalah warna, guppy merupakan salah satu jenis ikan hias yang mempunyai corak warna yang sangat beragam. Tapi untuk memudahkan, kita bahas warna dasar dari pembentuk corak warna ikan guppy tersebut. Warna-warna itu antara lain : emas, abu-abu, pirang, albino (bule), ada juga guppy dengan kombinasi dua warna dan beberapa warna lebih dari dua (multicolor).

 

  1. Bentuk Ekor

Disamping memiliki corak warna yang beragam, ternyata guppy juga memiliki beberapa bentuk ekor antara lain : kipas (melingkar hampir seperti lingkaran), bentuk busur panah, segitiga, bentuk seperti cabang atas bawah panjang (belah), ekor bagian bawah lebih panjang daripada bagian atas.

Setelah mengetahui beberapa corak warna dan bentuk ekor berikut contoh-contoh nama guppy tersebut full red, blue moskow, green cobra, black guppy, red cobra, sunrise guppy, platinum mozaik, dll.

16 Responses to Jenis Ikan Guppy

  1. Hamdi Gafur, S.Kom mengatakan:

    Dimana saya dapat membeli ikan guppy berkualitas, saya tinggal di pingiran jakarta

  2. uwinarno mengatakan:

    Maaf Pak, terus terang untuk daerah Jakarta saya juga kurang tahu, karena saya juga baru di Jakarta ini.

  3. ary mengatakan:

    saya sudah beternak guppy mata merah jenisnya neon blue mosaic sudah 2 thn. lokasi saya ada di daerah serpong, kalo minat bisa lihat2 dulu
    myletterid@yahoo.com

  4. junianto mengatakan:

    salam kenal pak ^^ nama saya junianto
    saya ingin tahu lebih detil dengan guppy bapak
    bisa kirim email ke saya gak?
    alamat email saya lawzhewen@yahoo.com
    soalnya bulan agustus saya akan ke jakarta untuk cari ikan guppy yang kualitasnya bagus.

  5. junianto mengatakan:

    tolong kasih tahu alamat bapak yang di jakarta ya terima kasih

  6. uwinarno mengatakan:

    Terima kasih atas komentarnya Pak,
    Maaf untuk saat ini saya belum memelihara guppy lagi, tetapi kalau Bapak tertarik dengan guppy saya sarankan untuk ikut milis ikan-hias@yahoogroups.com disana dibahas berbagai macam ikan hias termasuk guppy dan juga ada pakar dan para pebisnis ikan hias. semoga membantu

  7. ayu mengatakan:

    salam kenal…

    pak, saya punya guppy sudah banyak.. yang ingin saya tanyakan.. bapak punya gambar jenis-jensi guppy?? saya ingin tau guppy yang saya punya ini jenis apa.. kalo untuk betina dari warna ekor ada yang ungu dan ada yang hijau… saya tunggu info bapak.. makasih..

  8. aghax mengatakan:

    saya newbe bgt nich,,,,,,bru pnya 4 jenis guppy impor,,,,,,,gmn jdi nya klo di silangin ama guppy biasa?apa msh ada yg turunan import nya???? mohon bantuan nya….

  9. pandu mengatakan:

    pak pakan untuk ikan guupy yg masih kecil apa ?

  10. Della mengatakan:

    Misi, saya newbie mencoba untuk sedikit membantu..
    Untuk breeder atau peternak guppy didaerah Jakarta, jika anda memiliki account fb anda bisa search disana. Terdapat beberapa peternak salah satunya sodara Michael Arthur Lumampauw. Kualitas guppy mrk bagus dan berkelas.
    Sedangkan untuk penyilangan, menurut saya jangan sampai guppy import disilangkan dengan guppy lokal, karena dapat merusak strain dari guppy import tersebut. Menyilangkan dengan guppy import jenis laen pun jg harus hati2 karena bisa merusak warna dan corak..
    Untuk pakan burayak / anak guppy bisa menggunakan kutu air, micro worm, arthemia, ato jg bisa dengan pelet khusus untuk guppy tetapi harus dihaluskan terlebih dahulu sebelum diberikan ke burayak / anak guppy..
    Semoga bisa sedikit membantu, maap jika ada kesalahan..

  11. uwinarno mengatakan:

    terima kasih atas tambahan informasinya Bu Della, semoga bisa bermanfaat untuk semua

  12. Michael Arthur Lumampauw mengatakan:

    Hello saya Michael Arthur di jakarta..sbelumnya terima kasih krena Bu Della sdah mempromosikan saya… ^^
    Bagi yg berminat dngn ikan guppy berkualitas yg domisili jakarta bisa contact saya d 0838 9960 7515
    Ak ada d daerah jakarta timur,,kalo pngn liat bisa main2 krmah.. ^^
    atau bagi yg luar kota atau luar pulau ak bisa layanan pngiriman jga.. ^^
    thanks.. ^^

  13. Agung Prayogi mengatakan:

    saya udh ternak guppy .
    tapi saya masih bingung dengan pasar yg cocok buat guppy nya bapak.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

