Sakit Mata Ikan dan Obatnya

Penyakit mata ikan atau dalam istilah kedokteran disebut clavus adalah semacam tumor jinak yang biasanya tumbuh pada kulit permukaan kaki. Bentuk mata ikan itu sendiri biasanya bulat dan berwarna putih persis seperti mata ikan beneran.

Ada beberapa pendapat yang menyebutkan penyebab timbulnya sakit mata ikan ini. Pendapat pertama yaitu mata ikan timbul disebabkan oleh virus yang kemudian masuk diantara kulit dan daging kemudian merusak jaringan bawah kulit sehingga makin lama makin mengeras dan membesar. Pendapat kedua adalah seringnya penggunaan alas kaki (sepatu) yang terlalu sempit dalam jangka waktu lama sehingga terjadi penekanan di titik-titik tertentu pada kaki, dari penekanan ini apabila dibiarkan dan berlangsung lama akan menimbulkan pengerasan pada bagian kaki yang tertekan tersebut.

Pengobatan mata ikan bisa dikatakan gampang-gampang susah, gampang kalau kita tahu cara yang tepat dan susah kalau kita tidak tahu dan sembarangan dalam menangani mata ikan ini. Kadang kita menyepelekan mata ikan yang tumbuh di kaki saat masih kecil tapi setelah besar dan mulai menggangu aktifitas kita ( susah jalan misalnya) kita baru sibuk untuk mencari tahu bagaimana pengobatan mata ikan ini.

Pengobatan mata ikan yang saya anggap paling tokcer untuk saat ini adalah bedah cauter.

Tips supaya kita terhindar dari mata ikan antara lain memakai alas kaki (sepatu) yang cukup (tidak terlalu sempit) pastikan kaki nyaman memakainya, selalu ganti secara rutin kaos kaki anda, selalu jaga kebersihan kaki kalau perlu secara rutin dilakukan perawatan yang lebih intensif lagi.

About these ads

53 Responses to Sakit Mata Ikan dan Obatnya

  1. Ping-balik: Pengobatan Mata Ikan | luckywinarno.com

  2. agus mengatakan:

    aku sekarang juga mengalami hal serupa. kaki terasa sakit jika mendapat tekanan. terutama waktu bangun tidur atau berjalan. apakah ini juga dinamakan clavus juga ya….??? tapi koq tidak ada tanda seperti mata ikan….. kalo asam urat bukan juga tuh…soale sudah pernah cek darah. Kadar asam ku normal2 aja..sakit apa ya kakiku…mohon info dong bagi yang tahu… trims.
    Agus.

  3. ndi mengatakan:

    aq jg mengalami masalah pada kaki. tp, aq blm th psti ini penyakit mata ikan ato bukan. yang jelas pada bagian tertentu, sangat sakit jaka tertekan.

  4. ervan mengatakan:

    kaki saya dulunya juka terdapat ciri-ciri mata ikan dan sakit pada bagian kaki kanan,tapi lama kelamaan hilang,sekarang ini timbul lagi dan mulai menyebar pada permukaan kaki yang lain terutama kaki kiri tetapi tidak ada rasa sakit.
    saya mau tanya apasih langkah pengobatan yang lain kecuali bedah/catter?

  5. dede mengatakan:

    saya juga mengalami mata ikan….
    awal nya cuma 1 d telapak kaki kanan…
    cauter…. selama penutupan luka, kaki tidak kena air n tumbuh 2 mata ikan yang baru… satu d bawah jempol kaki kanan pas ruas nya… satu lagi di kaki sebelah kiri di samping jempol….. saya bingung kalo kapalan masa d pinggir kaki…. saya obatin 2 mata kaki ini sama obat cina yg ngbuat mata ikan nya naik k atas setelah itu saya potong kulit nya dikit2….
    tapi salah satunya tumbuh lage malah lbh besar…. sedangkan untuk d clavus lage saya juga merasa kemahaln… untuk 3 kali clavus berarti saya ngeluarin uank hampir 1.. kalo tumbuh lage takutnya keluar lage….
    ada cara biar ga perlu d cauter gak ya???

  6. dila mengatakan:

    ass. di kaki kiri saya di tumitnya klo di pegang terasa ada yg bulat dan keras,klo ditekan sakit! apa itu mata ikan?? klo udah jongkok kemudian berdiri terasa linu dan sakit

    GMN DONK? saya tidak mau dioperasi!! obatnya pa ?

    trimakasih

  7. rini mengatakan:

    kalo di tangan ada benjolan yg sakit,,kaya daging gitu mata ikan juga ga namanya???

  8. lusi mengatakan:

    iya mas…mata ikan sakit bgt kira2 apa obatnya?saya sudah dikasih calusol tpi tetep aja ga sembuh ….
    rencana mau dioperasi tpi kira2 bakal tumbuh lg ga y?

    • uwinarno mengatakan:

      Insya Allah kalau dapat dokter yang berpengalaman tidak muncul lagi, untuk itu sebelum memutuskan opersai sebaiknya Ibu cari informasi mengenai dokter bedah atau cauter tentang pasien yang ke situ, dsb. Semoga cepat sembuh

  9. echo mengatakan:

    klo awalnya muncul bintik2 kecil kurang lebih lima titik,lalu bintik2 tersebut lama2 membentuk lubang kecil2 dan didalam lubang2 kecil tersebut muncul seperti telur2 kecil2 hingga membesar dan akhirnya pecah mengeluarkan darah,itu termasuk penyakit mata ikan atau bukan? letak bintik2 tersebut di jari tangan tengah ruas kedua tekukan bagian atas, klo dilihat memang menggemaskan serasa pengen ngeluarin telur2 itu dr lubangnya,tapi klo di paksa keluar dr lubangnya ngeluarin darah, ada yg bisa ngejelasin ga,kira2 itu penyakit apa,thx.

  10. ge_boy mengatakan:

    ass.sy dlu prnh ngalamin yg namanya mata ikan.sking sktnya sy pernah kupas kulit tumit yg kna mt ikn tp tumbuh lg smp akhrnya + bnyk smp k tangan.prnh sy obati pk kapur sirih n sabun colek eh mlh mmbentuk kawah n keliatan ad akarnya ketika dicabut skt luar biasa n berdarah.trs sy seka pk minyak gr panas menipis sih tp tak efektif.hampir sy k rmh skt utk bedah kcl tp sy cba2 menuangkan air aki baru pny papa ke kapas n sy oleskan k setiap gunung mt ikan sy.subhanallah dlm 3hr mt ikn mengering smp k cabang2nya.klo mau nyoba blh,tp ingt pk air aki yg bru yg bnr2 blm d’pk diteteskan k kapas.ht2 mencobanya.wslm

    • Fathiyah mengatakan:

      itu mengering? sembuh gak ?

    • bunda cantiknya mengatakan:

      saya mo tanya saat ini saya juga sedang mengalami mata ikan,kl saya mo mencoba apa yang anda lakukan itu…saya perlu tahu,air aki yang di gunakan itu air aki botol biru atau merah?di usapkan dengan kapas pada mata ikan yang sudah terbuka atau masih dalam keadaan tertutup?mohon jawabannya y…TERIMAKASIH.

      • uwinarno mengatakan:

        dear bunda cantiknya, saat saya kena mata ikan saya tidak menggunakan pengobatan dengan air aki, tetapi saya ke dokter bedah untuk dilakukan operasi.
        operasi yang pertama (lewat dokter bedah) gagal (mata ikan tumbuh lagi), kemudian saya coba metode cauter, alhamdulillah berhasil.

      • bunda cantiknya mengatakan:

        ok thank’s wat infonya;)

  11. arfeny mengatakan:

    Thank ya..

  12. eneng ocha mengatakan:

    asslm. Saya sudah 2 kali operasi karena clavus, mau ga mau, karena clavusnya ada di telapak kaki. Ada yang pernah menyarankan memakai aki, tapi saya ga berani.

  13. jose mengatakan:

    asslm,juraga sekalia saya mau tanya tentang kasus saya,,sebenarnya asal mula sakit pada alas kaki dari TERSUSUB KAYU BAMBU pada bulan januari,,tanpa saya hiraukan ternyata menjadi sakit sampai 3-4 bulan kemudian,,lalu saya kupas ketika,saya tekan yang keluar bukannya kayu bambu tapi BATANG LURUS YANG RAPUH,saya ragu itu adalah kayu bambu yang tersusub,,kemudian beberpa minggu luka itu tertutup kembali,,karena saya pikir sakitnya belum hilang saya kupas lagi untuk yang kedua kalinya,,,akhirnya sampai sekarang menjadi bengkak,,setelah saya konsultasi dokter,,BELIAU bilang itu MATA IKAN,,yang saya mau tanya ,,apakah benar itu mata ikan dan gejalanya,,,karena yang saya tau sakit alas kaki saya itu akibat kayu bambu,,,,sekian terima kasih

  14. young mengatakan:

    Saya memiliki mata ikan di telapak kaki yg sangat mengganggu dan terasa sakit sekali. sudah saya coba untuk melakukan operasi pengangkatan mata kaki tersebut, tapi akhir akhir ini mata ikan tersebut tumbuh lagi dan terasa sakit.
    Yang saya ingin tanyakan apa ada obat yang bisa membuang tuntas mata ikan tersebut, terima kasih.

  15. wawa mengatakan:

    di telapak kakiku juga ada clavus..dulunya cuman ada satu,aku kira itu bukan mata ikan makannya aku diemin ..tp lama-kelamaan kalo buat jalan sakit,kayak ketusuk duri..aku periksa ke dokter dan harus dioperasi..ya karena apa ga tau operasinya gagal,operasi lg yg kedua…mungkin blm smbuh total trus aku pake buat main bola jd semakin sakit,padahal lukanya udah kering..akhirnya aku periksa ke dokter ahli bedah itu harus dioperasi karna sangat mengganggu dan operasi yg pertama itu infeksi..,apalagi aku seorg atlit beladiri dan spk bola..stlah lama knsultasi sm dokter,hari brkutnya eh ada lg ..jd ada 4 clavus di kakiku..pnybabnya sih ga tau pasti..ya yg jelas skrg msti istirahat dulu pgen operasi yg ketiga ini yg terakhir..pgen cpt smbuh..biar bisa olhrg lg dan brprestasi lg .. amien :)

  16. andik mengatakan:

    GAY pkek air aki i2 mnjur g’ qw jga pux mslh ne ma kaki q da 6 mata ikan skaligus yg 1 da qw operasi tpi msh te2p j blik l9i… q pngen cri solusi ke klian n3 qw ksh no hp’q 085649816249 klo bsa hbungin y? “PLEEEEEASEEEEE”

    • elf mengatakan:

      hai. kalo untuk mata ikan saya tau cara pengobatannya tanpa dioperasi. saya juga pernah kena mata ikan di tangan,awalnya kecil bgt tapi makin lama makin keras kira2 sampai setahunan dan menyebar ke jari yg lain. selain operasi ada cara praktis tp sedikit menyakitkan :) bagian yang sakit dilukai sedikit lalu oleskan campuran kapur sirih dan sabun cuci batang (ga tau apa sabun colek bisa ato ga, soalnya dirumah yg ada sabun cuci batang) tekan sedikit supaya obatnya meresap. memang terasa sakit, tapi akar2nya langsung mati. di jamin aman kok dan ga bakal kena lagi (pngalaman pribadi). semoga brmanfaat

  17. piony mengatakan:

    apakah clavus dapat jangkit?

  18. risa mengatakan:

    saya juga sekarang kena tuh penyakit.. n seminggu kemaren baru di operasi,, mang sih cuma bentar doank sakitnya, tapi kadang pegel2 kalo buat jalan..( waktu massa2 habis operasi)
    nah yang saya bingungin tuh dokter cuma ngambil mata ikan yang paling gede (induk)nya doank.. paddahal yang lainnya juga masih pada sakit klu buat nginjek.. gimana tuh? mungkin nyebar lagi gak ya??
    mohon kasih tau sebaiknya aku kudu gimana??

  19. Fathiyah mengatakan:

    HAI semua ! sabar yah yang mengalami mata ikan,sebenarnya gw juga sih kena.pertama muncul tiba2 kecil di tengah telapak kaki,untungnya di tengah gak kena dasar kalo jalan,cuman setelah 2 bulanan eh mata ikannya makin gede dan makin putih,pas gw liatin ternyata di mata ikan ada bintik2 kecil kayak gitu,nah paskyk gtu gw diemin cmn, kelamaan makin sakit klo buat jalan,nah papa gw beliin gw callusol,.Pas dipake hasilnya biasa-biasa aja,namun gw kena permukaan kulit disebelah mata ikan,nah pas gw kelopekkin,eh atasnya mata ikan (kulit atasnya) kecabut,en akhirnya tu mata ikan jadi malah kebawah,pas gw pake lagi tuh obat gw kelopekin lagi,en ya makin ke bawah.gw bingung nih GUYS ! gimana cara ilanginnya ? malu bgt gw klo ampe temen gw tau,jadinya gw selalu make kaos kaki kemana-mana. gw takut bgt di operasi ! TT_TT ada cara lainn gak ya ? atau apa tuh callomak atau apalah itu efektif ga ?

  20. Fathiyah mengatakan:

    mm.. di OPERASI atau chauter sakit ga ya ? yah,kalo itu emang jalan yang sangat efektif sih ya, GPP.. tapi skit g ya ? kira2 bkal tumbuh lagi gak ? kasih tau pngalamn yangudh prnh operaasi mata ikan dong !!

    BANTU GW YA… mohoooonnn !

    • uwinarno mengatakan:

      ya biasa Bu, sakitnya sebentar saat suntik bius saja, setelah itu alhamdulillah tidak sakit, setelah di beri obat lambat laun luka akan mengering

    • Idwan Ganda Perkasih mengatakan:

      InsyaAllha Tidak Sakit
      Karena Menggunakan Bius
      Disuntik Mungkin Seperti Digigit Semut
      dan InsyaAllah Tidak Akan Muncul Lagu Apabila Kita Menjaga Dan Merawat Tubuh Dengan Baik

  21. mnq mengatakan:

    saya ingin berbagi sedikit pengalaman.
    Saya memiliki mata ikan sejak 1tahun lalu di tumit kaki kiri.
    Awalnya hanya seperti titik kecil, ya walau terkadang terasa nyeri juga saat menapak, namun saya abaikan.
    Sampai rasa sakit untuk berjalan yg bertambah parah, saya coba untuk memakai berbagai macam obat.
    Mulai dari obat cina sampai obat cair yg dijual di apotek.
    Alhasil mata ikan saya semakin membesar dan bertambah menjadi 3 buah.
    Karena sudah sangat terganggu, akhirnya saya memutuskan untuk menjalani operasi kecil.
    Dan saat ini baru saja saya selesai dioperasi di salah satu rumah sakit di Jakarta.
    Saya harap ini adalah langkah terbaik.

    • Idwan Ganda Perkasih mengatakan:

      benar
      operasi kecil cara nya
      dokter juga menganjurkan saya utk operasi
      namun saya sedang brusaha mengumpulkan uang utk oprasi itu
      gk mhal sih
      cuma sya plajar, jdi btuh wktu utk mngumpulkan itu
      saya harap tman” yg mengalami skit ni, cepat smbuh smuanya
      amin

  22. agung mengatakan:

    Saya pernah punya mata ikan, waktu itu ada 3 titik yg berdekatan di daerah telapak kaki bagian depan. Awalnya pernah pake callusol, tapi ga sabaran, akhirnya saya kelopek/bedah sendiri, hasilnya malah berantakan, sempet membaik, tapi tumbuh lagi, krn ga sampai akarnya. Akhirnya saya pun menyerah dan datang ke dokter bedah, di insisi bagian yg clavus itu, dan dijahit. 2bulan berlalu saya sembuh, kira2 bulan ketiga, muncul lagi 2 titik clavus di tempat bekas operasi. sampai sekarang akhirnya membesar dan mulai meresahkan. Sekarang saya mau pake callusol lagi. krn kalau di bedah pun, ada kemungkinan kambuh. dan bedah itu sakit lho disuntiknya dan pasca bedah (tergantung banyak jahitan). Teknik cauter, yg tanpa pendarahan mungkin lebih ga sakit dan lebih tuntas ya. Perlu dicoba sepertinya.

  23. Dimas mengatakan:

    Wah bagus artikelnya saya jd tau apa usul virus clavus Thx Bro

  24. dani mengatakan:

    baugus terus cocok artikel nya kali yayaya sih ya

  25. william mengatakan:

    saya juga skarang lg kena penyakit mata ikan dan dalam tahap pengobatan pke callusol.. apa kah obat itu bagus…??? soal nya sampai skrng saya blm mendapatkan hasil apa2… udah 2 mingguan sich… gmn cara ngilangin nya ya…?? soalnya tiap kali saya jalan terasa sakit sprti menginjak duri… please.. tolongin gw donk… kasih saran dan solusi ya… apa benar seperti yang dikatakan temen qta ELF klo pake sabun batang dicampur ma kapur sirih tuch bener…??? saudara elf.. mohon petunjuk nya yach…. thanx b4..

  26. Lare paitan kilen mengatakan:

    Semono ugo aku,ak wes bener sasen” durong mari” iki ngrasakno seng jenenge mata ikan kwi mau,tak uwak uwik ngganggo jarum’ ealah, lakok malah dadi bengkak thok ngene…obate opo qi yow. . .?

  27. Idwan Ganda Perkasih mengatakan:

    Kakiku Kena Mata Ikan
    Kata Dokter Kalau Mata Ikan Harus DiOperasi
    Mumpung MAsih Kecil
    Karna Klw Sdah Bsar Akan Mengganggu
    Biaya Operasi Nya Sktar 250.000
    Itu Kata DOkter
    Utk Saat Ini, Aku Sedang MEnabung Utk Operasi Itu

  28. Trisna Yani mengatakan:

    saya jg menderita clavus dtlapak kaki,sebulan lalu dpt di couter tp karng malah tambah besar…pdhl sebulan lg mw da pertandingan. gmn ya????
    pa hrs dioperasi atau da pngobatan lain??? please kasi saran!

  29. vanadies mengatakan:

    mata ikan di telapak kaki aku sembuh dengan diobatin pakek ekstrak akar2an. sayangnya aku lupa tuh akar tumbuhan apa. pingin banget neliti soal ini,,,,,

  30. hery mengatakan:

    bagai mana cara menyembuhkan penyakit mata ikan di telapk kaki sdh 1 bulan tdk sembuh, pdhal sdh pake plaster mata ikan dan sdh 2 kali copot matanya tp tetep aj, stlh copot ke 2 malah masih bengkak di pinggirnya dan terasa kaya bisul, apa obatnya?. mksh

  31. abdullah syaiin mengatakan:

    klo mau di operasi harganya berapa?soalnya pake obat udah capek,ga sembuh2.

  32. bankers mengatakan:

    gw juga mau sharing, pertama kali gw kena mata ikan ditelapak kaki kiri gw. awal2nya timbul 2 biji, dan gw biarin ternyata semakin lama semakin membesar dan membuat tidak nyaman…akhirnya gw memutuskan untuk operasi, dan gw harus jujur kalo dioperasi itu SAKIT ketika disuntik dan masa penyembuhan…tapi yang bikin gw sakit hati, tuh mata ikan tumbuh lagi malah menjadi 3 di tempat bekas operasi!
    sekarang gw bingung, mau operasi tapi takut nanti timbul lagi. jadi sekarang gw mencoba menggunakan callusol, mudah2an dapat membaik lah…
    Awalnya timbul mata ikan gw itu, ketika gw ke duf*n mau ke wahana arum jeram ga pake sendal. pertama bintik luka kecil, kemudian menjadi mata ikan deh…mungkin karena airnya kotor kali yaah…
    memang butuh banget nih obat yang mujarab, semoga semua cepat sembuh yah !

  33. Nur Syifa mengatakan:

    haloo smua,,
    aku mau tanya ni,,
    dr bulan maret lalu di kaki ku ada mata ikan,, huuh bener2 menyebalkan..
    2 minggu setelahnya ku bw ke dokter,, langsung d di bedah tu mata ikan,, sakit bgt waktu dibius.. haduuu..
    tapii,, 1 bulan berikutnya malah tumbuh lagi,, makin besar, tambah sakit.. mau dibawa ke dokter lagi,, tapi aku takut di bedah lg..
    3 hari yg lalu,, ku coba pake plaster mata ikan yg dijual di apotek2 itu,, waktu plasternya di pake sakit bgt,, stlah 3 hari, ku buka plasternya.. mata ikannya jd mengeras tapi masih sakit.. :(
    padahal kata orang2,, waktu plasternya dibuka,, mata ikannya g sakit lg..
    aku takut g sembuh ni soalny smpe skrg masih nyut-nyutan..
    gimana ni??? kasi saran donk

  34. imuzz mengatakan:

    Saya sedang kena mata ikan juga, dari dec 2011 dan sekarang ada di kaki kanan, kaki kiri dan tangan kiri, mohon info detai alamat kliniknya? nama kliniknya? jln margonda no brp/gedung apa? masih ingat nama dokternya? minta bantuannya email saya di imuz01@gmail.com

  35. asepjack mengatakan:

    Temennye temen gw kena Ud sembuh..die juga ada mata ikan “sembuh”gw ngetes nih obat “sembuh”…Obat nye tekun,rutin
    “pohon patah tulang”…ambil getahnye secukupnya pake kapas trus tempelen di tempat yang ada mata ikan nye…pake salonpas biar nga jatuh.5 kali pengobatan mudah-mudahan sembuh… sebelumnye loe kupas dulu.. sampe keliatan tuh matanye…

  36. amir abdulillah mengatakan:

    hlo gan aku coba kasih solusi untuk kalian tentang operasi kecil biaya murah,aman,seikhlasnya klo tumbuh gi datang gi g usah bayar,
    pengobatan, H.SADAR alamat kampung pekong, BALARAJA TANGERANG
    tanya aja sama tukang ojek klo dah mpe pasar balaraja smoga cepet sembuh,gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: