Hobi Tanaman Hias

Setiap manusia selalu merindukan kebahagiaan, ketentraman dan kebahagiaan hidup baik di dunia maupun di akhirat kelak. Untuk mencapai cita-cita tersebut manusia berusaha untuk memenuhi semua kebutuhan hidupnya baik secara jasmani (phisik) maupun rohani (psikis).
Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan jasmani kita sehari hari, yaitu dengan bekerja, olah raga, dll. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan rohani manusia biasanya mendekatkan diri kepada Tuhan dengan cara beribadah, mengembangkan hobi dan ketertarikan dibidang tertentu. Membahas masalah hobi, banyak sekali hobi yang kita temukan di lingkungan kita, mulai dari koleksi benda-benda tertentu, memelihara tanaman dan ikan hias, aero modeling sampai modifikasi kendaraan bermotor.
Semua hobi ditekuni oleh masing-masing pehobi untuk menyalurkan ketertatikan, minat dan mungkin bakat dari masing-masing orang yang tujuan akhirnya untuk mencari kepuasan batin dan mungkin bahkan income dari hobi tersebut. Pada tulisan kali ini penulis ingin membahas sedikit tentang hobi penulis memelihara tanaman hias dan mungkin mengembangbiakan tanaman tersebut kalau bisa.
Dimulai dari setahun yang lalu saat menempati rumah baru dengan kondisi halaman rumah yang masih gersang karena bekas sisa adukan semen, penulis dan istri mulai melakukan survey ke tempat-tempat penjual tanaman hias di kota Semarang mulai dari di Jl. Arteri Sukarno Hatta, Jl. Sutomo, sampai ke tempat pameran tanaman hias di Taman KB, ADA Swalayan, Macro dan Sri Ratu Pemuda. Dari hasil mengunjungi penjual tanaman dan pameran tanaman hias itulah muncul keinginan untuk mengerti lebih dalam tentang tanaman hias dan macam-macam tanaman hias serta mengingatkan kembali ilmu biologi yang penulis pelajari di bangku SMP tentang pengembangbiakan tanaman yang tidak dapat penulis dapatkan sejak duduk di bangku STM dan di bangku perkuliahan. Alhamdulillah setelah kurang lebih setahun menempati rumah yang dulunya gersang sekarang menjadi asri dengan berbagai tanaman hias yang sengaja dibuat rimbun supaya lebih kelihatan alami. Untuk menutup tulisan ini penulis ucapkan terima kasih kepada istri tercinta karena dengan kolaborasi dan ide-idenya terwujudlah taman yang berisi tanaman hias di rumah kami.

One Response to Hobi Tanaman Hias

  1. Hobi tanaman hias, jika ditekuni dapat menghasilkan… terutama menghasilkan ketenangan harmonisasi alam…

    Salam hangat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: