Total Jumlah Sel Manusia Selalu Tetap

Info dari berita iptek
Sabtu, 24-05-2008

Sungguh merupakan berita buruk bagi setiap orang yang menderita kegemukan /obesitas di seluruh muka bumi, dengan munculnya publikasi dalam jurnal ilmiah terkemuka Nature edisi awal Mei 2008 hasil riset Kirsty Spalding dkk ahli biologi molekuler dari Karolinska Institute in Stockholm, Swedia yang menyingkapkan temuan bahwa sel lemak dalam tubuh manusia berjumlah tetap adanya.
Tubuh manusia ternyata secara terus-menerus secara berkesinambungan membuat sel-sel lemak baru tumbuh menggantikan setiap terjadinya sel lemak yang mengalami kematian akibat proses alamiah penuaan. Hingga jumlah total seluruh sel lemak dalam tubuh manusia adalah tetap.

Temuan ini cukup mengejutkan dan dengan demikian memang bertentangan dengan pendapat sebagian kalangan ilmuwan yang berpandangan sebelumnya bahwa tubuh manusia tidak dapat menumbuhkan sel-sel lemak baru. Temuan atas mekanisme metabolisme sel tubuh manusia seperti ini memang prosesnya belum sepenuhnya dimengerti sendiri oleh para ilmuwan penemu. Namun faktanya seakan menegaskan fakta bahwa betapa sedemikian sulitnya untuk mengurangi berat badan karena kegemukan akibat kelebihan bobot lemak. Kesimpulan yang juga mengartikan bahwa langkah pintas ala program “weight-reduction” dengan jalan operasi pengangkatan jaringan sel-sel lemak yang sempat menjadi trend di kalangan wanita yang mengidamkan berat tubuh ideal berpostur ramping seakan akan percuma pula.

Peneliti Spalding dkk menggunakan molekul senyawa radio-aktif : carbon-14 guna mendeteksi pengamatan sel lemak responden. Konsentrasi carbon-14 terpapar ke atmosfir merupakan dampak rangkaian eksperimen percobaan bom nuklir kategori ledakan “above-ground nuclear test” periode tahun 1955 – 1963.
Peneliti mengamati bahwa diantara 10 orang dewasa —bertubuh gemuk atau ramping— kelahiran sebelum periode eksperimen bom nuklir diatas; level konsentrasi carbon-14 dalam sel lemak setiap orang berjumlah sama sesuai dengan konsentrasi carbon-14 di atmosfir. Hal yang mengindikasikan bahwa sel-sel lemak adalah tumbuh pada periode setelahnya kemudian. Sebaliknya pada penelitian atas 25 responden yang lahir selewat periode eksperimen ledakan nuklir berakhir menunjukkan level sel lemak terkonsentrasi muatan carbon-14 yang jumlahnya dibawah rata-rata jumlah sel lemak responden yang mengalami periode percobaan nuklir.
Kemudian dengan menggunakan data carbon-14, jumlah total sel lemak pada tubuh, dan usia responden maka para peneliti kemudian berkesimpulan, bahwa setiap tahun tubuh menghasilkan 10% sel lemak baru guna menggantikan sejumlah yang sama/ekivalen sel-sel lemak yang mati melewati proses biologis penuaan.
Dalam eksperimen berikutnya para peneliti lebih jauh melakukan pengamatan atas level lemak yang diamati dari sejumlah 20 orang responden yang melakukan proses pembedahan: “gastric bypass operation”. Dalam kasus demikian terjadinya penurunan berat badan pasien setelah mengalami pembedahan ternyata merupakan perkerutan pada sel-sel lemak, sementara hitungan tersendiri atas total banyaknya sel lemak menunjukkan konstan jumlahnya.
Pengamatan demikian meneguhkan kesimpulan: total jumlah sel lemak adalah selalu tetap selamanya !
Sumber: Up-dates Nature journal. / Rizal AK.

5 Responses to Total Jumlah Sel Manusia Selalu Tetap

  1. facis mengatakan:

    anda mau ipod gratis ??
    http://www.apaakuseksi.com/registration/facis/ <– klik kanan trus klik new browser
    join dan register…..
    berhadiah 1 buah ipod bagi yang mengajak paling banyak member ke link nya masing²

  2. indonesia mengatakan:

    keren

  3. YOLANDA mengatakan:

    jadi berapa jumlah sel manusia…?
    apakah tidak dapat diberikan informasi yang lebih terperinci.brapa kira2 jumlah sel manusia …?
    terima kasih.

  4. zhenny zibarani mengatakan:

    jadi sesungguh nya brapa jumlah sel pada manusia??????

  5. mizzleenaothman mengatakan:

    kebetulan saya sedang studi tentang sel dan sistem .Good sharing.tq .jemput datang ke blog saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: