Chat messenger Bikin Kerja Lebih Efektif

Fransiska Ari Wahyu detikinet
Jakarta – Selama ini banyak kalangan yang menganggap chatting melalui pesan instan (Instant Messenger/IM) mengganggu dan mengurangi produktivitas kerja. Namun, sebuah survei menunjukkan bahwa penggunaan pesan instan sebagai pengganti telepon atau komunikasi langsung justru dapat mengurangi gangguan saat bekerja.
Dikutip detikINET dari ITNews, Senin (9/6/2008), survei ini digelar oleh para peneliti di Ohio State University dan University of California. Sebanyak 912 responden yang bekerja sekurangnya 30 jam per minggu di kantor dan menggunakan komputer sedikitnya 5 jam sehari dilibatkan dalam survei ini.
Dari sini terungkap bahwa saat orang menggunakan software pesan instan untuk bercakap-cakap, pembicaraan menjadi lebih singkat dan tidak terlalu mengganggu dibandingkan berkomunikasi dengan cara lain misal via telepon atau berkomunikasi langsung.
Peneliti menemukan fakta bahwa banyak karyawan menggunakan teknologi ini untuk melihat kapan rekan kerjanya hadir atau untuk meminta jawaban pendek atas suatu pertanyaan tanpa perlu ada percakapan langsung.Dengan menggunakan pesan instan, orang memiliki kesempatan untuk menunda jawaban hingga saat yang dirasa tepat, sehingga tidak mengganggu pekerjaannya. ( faw / amz )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: