Airis

Pertama melihat Airis di sebuah majalah, penulis mengira tanaman tersebut adalah anggrek tanah, karena bentuk bunganya yang menyerupai anggrek cuma bedanya arah bunga menghadap ke atas.

Usut punya usut ternyata tanaman tersebut bernama airis dan bukan kategori anggrek. Airis adalah tanaman sejenis rumput gajah yang bunganya berwarna kuning menyerupai anggrek. Setiap tanaman yang sudah cukup umur rata-rata dapat berbunga setiap hari atau dua hari sekali. Dari batang yang telah berbunga tersebut biasanya akan keluar tunas muda yang semakin lama akan membesar dan jumlahnya bisa antara lima sampai sepuluh tunas. Tunas-tunas inilah bibit tanaman airis yang baru yang siap kita pisahkan dari induknya untuk kemudian ditanam mandiri ke tanah. Memang untuk perkembang biakan airis tidak terlalu susah, setiap tunas bisa langsung kita potong dari tangkai induknya kemudian kita tanam atau tanjapkan ke tanah begitu saja Isya Allah airis sudah bisa hidup dan berkembang dengan sendirinya.

Airis akan semankin cantik apabila ditanamm secara berkelompok, biasanya menghiasi batas taman disepanjang dinding rumah atau dinding pagar. Rumah-rumah bertipe minimalis belum lengkap apabila belum ada tanaman airis di dalam tamannya.

Untuk tetap kelihatan cantik dilihat, tanaman ini harus sering dirapikan, terutama apabila sudah banyak tunas barunya.

Belalang adalah hewan yang suka makan daun airis, untuk itu supaya airis tetap kelihatan cantik dan rapi jangan lupa untuk selalu menjaga dari serangan belalang ini.

Kebutuhan akan airis untuk menghiasai taman kalau penulis amati semakin lama semakin banyak saja, hal ini adalah peluang bisnis yang sebetulnya dapat kita manfaatkan terutama kalau ada lahan atau pekarangan yang kosong disekitar rumah.

Setahun lalu harga airis per pot plastik di Semarang berkisar antara Rp 1.500,- sampai Rp 2.500,- . Tertarik budidaya tanaman airis? (UWe)

3 Responses to Airis

  1. green mengatakan:

    saya mau menanam airis. kira-kira bgmn membudidayakannya sehingga airis bagus pertumbuhannya.
    terimakasih banyak.

    • uwinarno mengatakan:

      Pengalaman saya cukup mudah, tinggal kita tanam dan disisram biasanya langsung tumbuh dan berkembang, kalau airis pengin tetap terlihat bagus, kita harus rajin memotong tunas2 baru yang mulai tumbuh di tangkai bunga atau bekas bunga.

  2. gajahmini mengatakan:

    Menarik sekali,,
    Mari Hijaukan Bumi Kita

    Kami suplier Rumput Gajah Mini, Rumput Jepang dan tanaman lain untuk kebutuhan taman anda seperti aneka palem, pule, soka india, aneka kamboja, dll.
    Kami juga melayani jasa pembuatan taman untuk wilayah Jawa Tengah

    Hubungi kami klik http://rumputjepang-gajahminimurah.blogspot.com

    Arya Flower
    Salam sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: