Motor Listrik

Masih melanjutkan pembahansan mengenai energi alternatif, saya jadi teringat pembicaraan dengan om beberapa waktu lalu, tentang mulai maraknya penjualan motor listrik (motik) yang bentuknya seperti motor kebanyakan, tetapi lebih kecil dan modelnya agak lucu terkesan dipakasakan, di sini kita tidak membahas masalah model motik tersebut tetapi penggunaan energi alternatifnya yaitu pemanfaatan energi listrik (battery) sebagai penggeraknya.

Pemanfaatan energi listrik (tenaga matahari) sudah pernah atau mulai dikembangkan untuk prototype mobil tapi untuk motor kelihatannya baru kali ini.

Motor listrik bisa dipacu sampai kecepatan 40 Km/Jam dalam kondisi jalan datar dan sekali mengisi battery (mencharge) dapat mencapai jarak tempuh sekitar 40 – 50 Km (kalau tidak salah), setiap mengisi battery diperlukan waktu 2 – 3 jam. Apabila kita menilik kegunaan dari motik ini kita dapat beranggapan bahwa prototype ini dapat kita kembangkan menjadi motor masa depan ( motor tanpa bahan bakar minyak), pertanyannya sekarang adalah sudah adakah perusahaan yang serius untuk menggarap pangsa pasar ini ? Jelas, apabila ada yang serius menggarap ini, misalnya penambahan kapasitas battery, jarak tempuh yang lebih baik dan model yang lebih menarik bukan tidak mungkin akan banyak masyarakat yang melirik untuk memilikinya. Ujungnya, semakin banyak masyarakat memiliki, semakin berkurang penggunaan motor-motor konvensional (berbahan bakar bensin) secara otomatis akan mengurangi ketergantungan kita terhadap bahan bakar minyak  seperti sekarang ini.

Tinggal bagaimana pengaturan atau regulasi nantinya supaya motik dapat bebas melenggang di jalan raya. Pemerintah sebagai regulator diharapkan dapat memberikan kemudahan berupa pajak, pengurusan surat-surat, dll yang berhubungan dengan motik ini supaya masyarakat yang berkeinginan untuk memiliki mendapatkan kemudahan baik mulai dari pembelian sampi dengan pengguannya di jalan.

Semoga suatu saat motik dapat lebih memasyarakat dan battery sebagai energi alternatif dapat mengurangi ketergantungan kita terhadap minyak bumi ini. (UWe)

4 Responses to Motor Listrik

  1. monsster mengatakan:

    Udah ada yg serius tu kayanya..
    Kan udah ada tu emoto, betrix, trekko.. Mereka kan perusahaan yg khusus membuat motor / sepeda listrik..

  2. uwinarno mengatakan:

    Iya pak, semoga modelnya tambah oke, dan bisa dikembangkan sebagai pengganti motor nantinya..

  3. adam mengatakan:

    temen2,,tolongin gue ya..
    tolongin gue donggue nyari motor induksi yang rotor lilit bwt TA nih klo ada info tempat yang jual hubungin gue
    di adamz.cool@gmail.com
    tolong yaaaa
    thanks

  4. Adieb mengatakan:

    Pakdhe….
    Dimana aku bisa dapat harga motor listrik BetrikS?????
    Pengen pulak aku beli pas ngeliat di PJP Gresik kemaren..
    Masi jarang kali soalnya di negeri asalku, Medan…
    Tolong ya pakdheee………

    Muliate da..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: