Kantin Kejujuran

Baru-baru ini Pemkot Bekasi mempunyai program mendirikan kantin di sekolah-sekolah baik di tingkat SD sampai tingkat SMA, kantin dalam program ini bukan kantin sembarangan, namanya Kantin Kejujuran. Dilihat dari namanya agak unik memang , tapi nama tersebut tidak terlepas dari tujuan utama didirikannya Kantin Kejujuran itu sendiri. Tujuan dari program didirikannya Kantin Kejujuran adalah melatih setiap siswa supaya dapat berbuat jujur dan mencegah tindakan korupsi secara dini. Kok bisa ? ya, karena di Kantin Kejujuran tidak ada penjaga kantin secara khusus seperti kantin-kantin yang lain, jadi setiap siswa yang membeli makanan akan melihat harga makanan yang sudah ada bandrol atau label harganya, kemudian akan membayar dan mengambil uang kembalian secara masing-masing (seperti pelayanan self servis) jadi benar-benar dituntut kejujuran dari setiap siswa yang melakukan transaksi di kantin tersebut.

Bagaimana kalau ada siswa yang nakal atau tidak jujur ? Setiap transaksi ada catatannya sehingga bisa di cek pada laporan keuangannya. Setiap siswa yang ketahuan nakal atau tidak jujur akan diserahkan ke guru agama untuk dibimbing dan memperbaiki perbuatannya tersebut. Memang, mungkin tidak mudah atau semudah teori tetapi paling tidak sudah ada upaya positif untuk memperbaiki mental atau perilaku kita dari kebiasaan koruptif menjadi kebiasaan jujur.

Program Kantin Kejujuran ini rencananya juga akan dibuka di instansi-instansi pemerintah di Kota Bekasi, tujuannya jelas untuk melatih dan sekaligus memberi contoh kepada khalayak luas tentang pentingnya kejujuran dan menghindari tindakan korupsi.

Semoga program ini dapat berhasil dan dapat diikuti oleh pemkot yang lain yang muaranya adalah melatih dan membiasakan diri kita dengan perbuatan jujur dan tidak korupsi.

Dari contoh dan perbuatan dengan skala kecil Insya Allah akan menjadi besar kalau kita ikhlas dalam melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: