Appearance is Cheating

Banyak sekali kita jumpai pepatah atau  kata-kata mutiara baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa inggris. Judul dari artikel inipun merupakan kata pepatah yang saya anggap menarik untuk saya angkat kedalam sebuah tulisan. Pertama kali mendengar kata pepatah ini saat saya masih mengikuti lembaga bimbingan bahasa inggris di Batam. Saat mengajar bahasa guru pembimbing kami biasa mengeluarkan joke atau semacam penyegar suasana belajar agar lebih terasa santai dan lebih hidup. Tak tahu kenapa saat itu si Pak Guru kami ini mencairkan suasana dengan kalimat appearance is cheating.

Pada mulanya kalimat itu saya anggap biasa saja seperti yang lainnya yang biasa keluar dari guru pembimbing. Tapi dengan berjalannya waktu lama kelamaan setelah saya renungkan dan pengalaman yang saya dapatkan arti dari kalimat tersebut ternyata cukup dalam juga.

Dalam kehidupan sehari-hari kadang atau malah mungkin sering kita temui orang-orang yang masuk dalam kategori appearance is cheating ini. Dari beberapa pengalaman saya juga, kadang bertemu dan bergaul dengan orang yang masuk kategori tersebut. Salah satu contohnya adalah orang yang saat pertama kali bertemu terkesan sebagai seorang yang benar-benar handal dan bisa kita percaya untuk melaksanakan suatu tugas tertentu karena omong besarnya yang meyakinkan, tetapi saat tiba saatnya dalam pelaksanaan pekerjaan baru ketahuan belangnya bahwa sebenarnya orang tersebut adalah membual belaka dan tidak tahu apa-apa, ada saja alasan yang keluar dari mulutnya untuk menutupi ketidakmampuannya ini.

Untuk itu janganlah kita mudah tertipu penampilan orang, jangan gampang minder atau rendah diri melihat dan mendengar kata-kata dan penampilan orang lain, karena belum tentu kemampuan kita kalah dari mereka. Karena mungkin itu adalah Appearance is Cheating.

Tinggalkan Balasan

